Dosen Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta Riset Implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka-MBKM

FASYA-Dosen Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan riset Implementasi MBKM Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi Umum di Indonesia 8-10/8/2022. Muhammad Julijanto, S.Ag., M.Ag., Sulhani Hermawan, S.Ag., M.Ag., dan Dr. Susilo Surahman, S.Ag., M. Pd., dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Keluarga Islam memperoleh hibah riset Litapdimas tahun akademik 2022 Klaster Penelitian Terapan Pengembangan Nasional.

Tujuan riset untuk melihat perkembangan pelaksanaan merdeka belajar dan kampus Merdeka di Indonesia bagian Timur, Papua bulan Juli, Indonesia Bagian Tengah (Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, DKI, Sulawesi, Sumatera), Juni-Juli 2022, serta Indonesia Bagian Barat, Aceh Agustus 2022.

Tim Peneliti mengunjungi Universitas Cendrawasih Papua

M. Julijanto dan tim selama di Papua mengunjungi IAIN Fattahul Muluk Jayapura Papua dan Universitas Cendrawasih. Sementara pengumpulan data di Banda Aceh tim mengunjungi Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh dan Universitas Syiah Kuala.

Berbagai macam progress implementasi MBKM di PTN dan PTKIN di Indonesia dengan berbagai kondisi yang mengiringinya, merupakan potret pelaksanaan kebijakan MBKM di Indonesia.

Tim Peneliti mengunjungi IAIN Fattahul Muluk Jayapura Papua

Secara berkelanjutan, tahapan yang dilakukan kampus menyiapkan kurikulum Merdeka belajar, menyiapkan regulasi dan aturan teknis, proses konversi, persiapan administrasi, menjalin kerja sama baik dengan perguruan tinggi, dunia usaha maupun dunia industri, melaksanakan proses pembelajaran di luar program Studi maupun magang, melakukan supervisi, evaluasi dan proses pelaporan.

Kunjungan ke Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Kunci keberhasilan pelaksanaan adalah kesiapan perguruan tinggi internal masing-masing, menyiapkan aplikasi Permata, kesiapan mahasiswa yang secara opsional melaksanakan program, kesiapan mitra industri dan dunia usaha, kurikulum Merdeka belajar kampus Merdeka yang memberi hak mahasiswa mencapai kompetensi lulusan dan pencapaian kognitif, keterampilan umum maupun keterampilan khusus, kemampuan leadership, soft skill keahlian yang berguna membentuk karakter pribadi unggul tangguh produktif bertanggung jawab atas segala kreativitas yang dimiliki dalam melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka-MBKM.

Di UIN Ar Raniry Banda Aceh

Harapan akan menghasilkan generasi bangsa yang unggul tercerahkan berdaya saing menuju pendidikan karakter bangsa, siap melanjutkan estafet pembangunan bangsa. (Muhammad Julijanto/SH/SS/Ed.afz/SINPUH).

Bagikan

Berita Terkait