Gelar FGD Finalisasi, LKBHI Fakultas Syariah Siap Akreditasi

FASYA- (Kamis, 25/03/2021), Fakultas Syariah IAIN Surakarta mengadakan kegiatan yang bertajuk Fokus Group Discussion (FGD) Finalisasi dan Akreditasi LKBHI Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Bertempat di Aula Rapat Lt 1 Fakultas Syariah IAIN Surakarta, peserta dalam acara ini yaitu semua personil, advokat dan paralegal LKBHI Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Tujuan kegiatan untuk melihat alur dan tata cara akreditasi lembaga bantuan yang baru akan melakukan akreditasi.

Acara kali ini menghadirkan narasumber Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah yaitu Bambang Setia Budi, SH., MH., Muhammad Shohib, dan Deni, SH.

Sambutan Ketua LKBHI Abdullah Tri Wahyudi, S. Ag., SH., MH, CM. menyampaikan laporan bahwa LKBHI sudah berdiri sejak 2007 dan kini berusaha untuk mengajukan akreditasi.

“Ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini kepada Dekan Fakultas Syariah Dr Ismail Yahya, S. Ag., MA.  beserta jajarannya. Harapannya FGD ini bisa memberikan pengetahuan pemahaman, langkah-langkah konkrit LKBHI menjadi organisasi bantuan hukum yang terakreditasi,” terangnya.

Sementara dalam sambutannya Dr. Ismail Yahya, MA Dekan Fakultas Syariah IAIN Surakarta menyampaikan bahwa, “kita bisa melakukan akreditasi LKBHI, prinsipnya akreditasi sebagai pengakuan dan memenuhi standar, memenuhi syarat yang ditentukan Kementerian Hukum dan HAM,” ujarnya.

Dr. Ismail Yahya, MA juga menambahkan target-target yang sedang digarap oleh Fakultas Syariah untuk meningkatkan kualitasnya menuju UIN Raden Mas Said.

“Target kami Prodi unggul, sangat baik dan baik. Kriteria unggul, rekognisi pengakuan lembaga seperti hisab rukyah, salah satu tempat rukyah yang representasi di Indonesia. Akreditasi LKBHI target kita, semangat meraih dan semoga hasilnya maksimal. Jurnal kita juga bisa naik menjadi ke Sinta2, Unit-unit bergerak maju kita dorong,” ungkap Ismail Yahya.

Finalisasi dokumen yang akan diusulkan untuk akreditasi baik secara offline maupun online di sidbankum.bphn.go.id.  Harapannya bisa memberikan pengetahuan pemahaman, langkah-langkah konkrit LKBHI menjadi organisasi bantuan hukum yang terakreditasi.

Instrumen Hukum dan Ruang Lingkup Akreditasi dan Verifikasi Organisasi Bantuan Hukum yang disampaikan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Pada sesi kedua dimulai setelah shalat dhuhur, langsung dimoderatori Nur Sholihin, SH, M.HI dengan bedah Borang Akreditasi. Adapun temanya yaitu Bimbingan Teknis Akreditasi dan Verifikasi Organisasi Bantuan Hukum Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah oleh Muhammad Shohib, SH, M.Kn.

Narasumber mengecek satu persatu dokumen yang sudah siap untuk diupload di website sidbankum.bphn.go.id.

“Diharapkan ketika upload jangan terlalu dekat dengan date line akhir pendaftaran, sehingga ada kesempatan untuk melakukan perbaikan. Berkas yang diupload adalah berkah yang asli, sehingga tidak perlu adanya legalisir,” terang Muhammad Shohib.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua LKBHI kepada narasumber Bapak Deni, SH dan Mohammad Shohib, SH M Kn. dan doa oleh Muhammad Julijanto, S. Ag., M. Ag. (Muhammad Julijanto/ Ed. dw)

Bagikan

Berita Terkait