IAIN Metro Kunjungi Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta

FASYA-Selasa, (02/08/2022) Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta kedatangan tamu dari IAIN Metro Lampung. Kunjungan Fakultas Syariah IAIN Metro ini dalam rangka Capacity Building Akademik dan Organisasi Kemahasiswaan. 15 orang yang terdiri dari Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah, Dosen, Staff dan 9 mahasiswa diboyong ke Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta. Tepat pada Pukul 09.00 pagi, rombongan tiba dan langsung menuju Aula Fakultas Syariah. Selain 15 orang dari rombongan IAIN Metro, hadir pula perwakilan dari ORMAWA, Pembina ORMAWA serta para dekanat di lingkungan Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said.

Usai dibuka oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said, Dr. Ismail, Yahya, M.A. “Kami ucapkan ‘Sugeng Rawuh’ di Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta.” Ismail Yahya kemudian memperkenalkan para jajarannya serta menjelaskan struktur organisasi yang ada di Fakultas Syariah. Beliau juga menyampaikan berbagai program yang ada serta bercerita mengenai berbagai progres usai perubahan status dari IAIN ke UIN.

Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Zumaroh, M.E.Sy. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Metro. “Terima kasih atas sambutan luar biasa dari Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta, semoga kunjungan ini banyak membawa oleh-oleh ilmu dan pengalaman untuk bisa dibagikan ketika sudah kembali ke Lampung,” ujarnya.

Para rombongan satu-persatu diperkenalkan oleh Zumaroh. “Selain untuk upgrading dan tukar pengalaman, kedatangan kami kesini juga mengajak para perwakilan ormawa untuk bisa saling sharing mengenai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan upgrade skill mahasiswa,” pungkasnya.

Usai sambutan dari masing-masing pihak, acara kemudian dilanjutkan dengan sharing session. Sesi ini dipandu oleh Wakil Dekan III Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said, Dr. Aris Widodo, M.A. Aris mengawali dengan memperkenalkan organisasi mahasiswa yang ada di Fakultas Syariah, mulai dari Dewan Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa (SEMA), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Pidana Islam, Hukum Keluarga Islam dan Manajemen Zakat dan Wakaf serta 6 Lembaga Semi Otonom (LSO), yakni Sharia Law Community (SLC), Literasi Riset dan Jurnalistik (LIRIK), Bahasa Asing Fakultas Syariah (BAFAS), Shariapreneur, Forum Fatwa Mahasiwa (FATAWA) dan Tahsin wa Ta’limul Qur’an (T2Q).

Aris Widodo dibantu oleh Wakil Dekan III IAIN Metro, Nety Hermawati, M.A., M.H. Nety juga turut menyampaikan mengenai organisasi mahasiswa yang ada di Fakultas Syariah IAIN Metro. Nety kemudian mempersilakan para mahasiswanya untuk bertanya. Salah satunya yaitu dari Mukromin Fajar dari Moot Court Community (MCC) IAIN Metro. Mukromin mempertanyakan bagaimana proses kaderisasi secara umum di ormawa dan secara khusus di LSO yang membawahi sidang semu. Sheva selaku perwakilan dari SEMA Fakultas Syariah turut menjawab. “Kami buka open recruitment ketika awal tahun ajaran baru dimulai, ini khusus bagi LSO-LSO. Untuk HMPS-HMPS, Dema, maupun SEMA, ada rekrutmen tersendiri, karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi bagian dari kepengurusan,” jawabnya.

Pertanyaan juga banyak terlontar dari Fakultas Syariah UIN Said, sehingga forum diskusi ini semakin aktif. Di sela-sela sharing, Aris Widodo juga mempersilakan para pembina ormawa untuk sedikit memperkenalkan mengenai organisasi yang dibina.

Usai sharing session yang berjalan dengan menarik, acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata, kemudian foto bersama. Ismail Yahya kemudian mengajak para rombongan untuk berkeliling melihat-lihat, mulai dari ruang pelayanan, ruang dekanat, para dosen, studio SINPUH, Laboratorium Falak dan diakhiri di Café Baca untuk bersama-sama menyantap hidangan Tengkleng yang sudah siap disantap. (afz/Ed.hh/SINPUH)

Bagikan

Berita Terkait