Kegiatan Perdana Kelas Internasional Fakultas Syariah, Dosen IAIN Lhoksumawe Latih Public Speaking

FASYA-Dalam rangka mendukung program rektor UIN Raden Mas Said Surakarta terkait glokalisasi, Fakultas Syariah membuka kelas internasional yang diperuntukkan untuk semester 2 atau mahasiswa angkatan 2023. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Fakultas Syariah membuka pendaftaran dan penyeleksian peserta kelas internasional pada bulan Januari lalu dan terpilihlah 27 mahasiswa dari 53 yang mendaftar.

27 Mahasiswa yang terpilih tersebut, pada pagi hari ini, Jumat, (23/02/2024) mengikuti kegiatan pertamanya, yakni “Public Speaking for International Class Students.” Bertempat di Ruang Kelas Lt. 3 Gedung Pusat Bahasa, acara ini menghadirkan Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Lhoksumawe, Dr. Nurul Fadhillah, S.Pd., M.Hum.

27 Mahasiswa tersebut digembleng untuk mampu menjadi seorang pembicara dimuka umum. “Ada 7 elemen dasar dalam public speaking, yakni who, what, whom, medium dan effect,” papar Nurul Fadhillah.

Nurul mencontohkan bahwa selama ini mahasiswa sudah pasti pernah melakukan public speaking, seperti persentasi maupun ketika di organisasi-organisasi. Lebih lanjut Nurul Fadhillah mencontohkan public speaking dalam kampanye Pilpres kemarin. Who itu merupakan capres yang berbicara, what apa yang disampaikan oleh capres tersebut, whom merupakan audien atau peserta dalam kampanye tersebut, medium atau media yang dipakai yakni kampanye dan effect yaitu efek atau apa yang diinginkan dalam public speaking tersebut.

Nurul Fadhillah memberikan kiat-kiat dalam public speaking, yakni ada dua, dari sisi diri sendiri (confident) dan orang lain (influent). Dari diri sendiri, harus mengetahui apa saja kekuatan dan kelemahan diri serta harus mempersiapkan dengan baik sebelum public speaking dilakukan. Dari sisi orang lain, harus tahu siapa audiennya, tujuan apa yang ingin tercapai dan komunikasi.

(Afz/SINPUH)

Bagikan

Berita Terbaru

Berita Terkait

FasyaTV