Khataman Kitab Ta’lim Al-Muta’alim: Pondasi Dalam Menuntut Ilmu

FASYA-Kamis, (15/02/2024) Lembaga Semi Otonom (LSO) Divisi Literasi tengah mengadakan agenda rutinan bedah kitab yang kedua berjudul “Terjemah Ta’lim Al-Muta’alim Tariq At-Ta’allum” karya Syaikh Burhanuddin Ibrahim Al-Zarnuji Al-Hanafi. Daffa Faza selaku pengkhatam kitab menuturkan bahwa kitab karangan Syaikh Al-Zarnuji ini ditulis dengan latar belakang maraknya pelajar yang tidak bersungguh-sungguh dalam mencapai ilmunya, sehingga para pelajar tidak dapat mendapat memetik hasilnya.

Disaat itu juga Daffa menuturkan ada tiga belas pembahasan utama mengenai pondasi pertama yang sebaiknya ditaati oleh para pelajar. Ketiga belas itu beberapa diantaranya adalah pertama, niat dalam belajar. Beliau selaku penulis menjelaskan bahwa setiap pelajar diwajibkan untuk niat. Sesuai yang dilandaskan pada Nabi Muhamhammad SAW.

Kedua adalah memilih ilmu, guru serta menghormatinya dan tak lupa pertemanan juga kunci utama keberhasilan suatu ilmu. Karena dengan memilih ilmu, guru dan teman yang lebih sepuh, wara’ serta baik tabi’atnya dapat membantu ilmu itu cepat untuk dipetik serta menghindari kepalsuan ilmu.

Terakhir penulis menganjurkan untuk selalu tawakkal dan menakar takaran dalam pembelajaran sesuai kemampuan. Jika seorang pelajar tidak menakar ilmunya, maka pelajar itu pasti akan bimbang dalam pembelajaran yang memungkinkan ilmu tersebut belum sesuai dengan kapasitas usia pikirannya.

Kegiatan khataman buku ini dimulai pada pukul 16.00 dan ditutup pada pukul 17.10 yang dihadiri kurang lebih 10 mahasiswa. Minimnya partisipasi khataman buku kedua dikarenakan hujan lebat.

(LSO Lirik/Ed.afz/SINPUH)

Bagikan

Berita Terbaru

Berita Terkait

FasyaTV