Kolaborasi Tim PKM Prodi HES Fakultas Syariah dan Ponpes Daarul Fath Pengging Boyolali Perkuat Literasi Fatwa DSN-MUI Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000

FASYA-Literasi keuangan, khususnya mengenai tabungan, menjadi salah satu aspek penting dalam membangun pemahaman dan kebiasaan masyarakat yang baik dalam mengelola keuangan. Hal ini sejalan dengan prinsip ekonomi syariah yang menekankan pada pengelolaan keuangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Fatwa DSN-MUI Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan merupakan pedoman pelaksanaan tabungan bagi bank syari’ah dan masyarakat.
Namun masih banyak masyarakat, khususnya kalangan pelajar yang belum memahami secara mendalam mengenai fatwa tersebut. Oleh karena itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan Literasi Fatwa DSN-MUI Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan di Pondok Pesantren Daarul Fath Pengging Boyolali, Kamis, (20/06/2024).
Pemaparan materi oleh Masjupri, SAg, M.Hum.
Kegiatan ini dihadiri para ustadz/ustadzah dan santri/santriwati Pondok Pesantren Daarul Fath Pengging Boyolali. Dalam kegiatan ini Afthon Yazid, S.Sy, M.H. selaku ketua tim dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pondok Pesantren Daarul Fath Pengging Boyolali yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini Masjupri, SAg, M.Hum. selaku narasumber dalam paparan materinya menyampaikan pentingnya tabungan sebagai sarana untuk menyimpan uang dan merencanakan pendanaan untuk kebutuhan di masa depan sesuai Fatwa DSN-MUI Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan.
Foto bersama Tim Pengabdi Fakultas Syariah dan para peserta
Setelah pemaparan materi oleh narasumber, acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Dalam sesi ini para peserta sangat antusias menyampaikan pertanyaannya kepada narasumber antara lain tentang praktik riba di perbankan, promo tabungan dengan hadiah menurut hukum Islam, dan kelebihan serta kekurangan tabungan mudharabah dan wadi’ah. Yang unik dari sesi tanya jawab ini, narasumber memberi hadiah secara pribadi kepada santri yang bertanya dan peserta yang duduk di belakang spontan berkata “wuih fakultas syariah emang keren hehe…”.
(Afthon Yazid)

Bagikan

Berita Terbaru

Berita Terkait

FasyaTV