Pembekalan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) Mahasiswa Baru Fakultas Syariah

FASYA-Panitia PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kagiatan Pembekalan terkait PBAK Mahasiswa Baru 2022. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan media Zoom dan YouTube. PBAK Fakultas Syariah ini dinilai penting, mengingat porsi pengenalan fakultas pada PBAK Universitas tidak ada sama sekali.

Pembekalan ini dilaksanakan pada hari Kamis, (11/08/2022) pukul 09.00-11.00 WIB secara daring (online). Jalannya acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Alifia sebagai MC kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana PBAK Fakultas Syariah, Aulyya Ahmad S dan Wakil Dekan 3 Fakultas Syariah, Dr. Aris Widodo, S.Ag, M.A.

Wakil Dekan III, Dr. Aris Widodo, S.Ag., M.A. dalam sambutannya mengatakan, melalui pengenalan wajah ini saya bisa mencermati bahwa nanti pada 25 Agustus itu insyaallah kalian akan melalui sebuah prosesi acara akademik yang disebut PBAK Fakultas (Pengenalan Budaya Akademik Kampus) kenapa hal ini signifikan dan perlu dilakukan? Karena dalam bahasa antropologi (agama anthropology of religion) ada istilah page of passage. Jadi manusia melalui passages of live, membuka lembaran-lembaran baru dalam setiap perjalanan kehidupan. “Di sini, kalian saat ini tengah membuka lembaran baru, dengan masuk di UIN Raden Mas Said Surakarta,” ujar Aris Widodo dalam sambutannya.

Kemudian pembekalan dan pengarahan PBAK Fakultas Syariah, disampaikan oleh Alvin Andriansyah selaku wakil ketua pelaksana bersama Aldi Irfansyah selaku Koordinator Divisi Acara PBAK Fakultas Syariah. Dalam penyampaian pembekalan, dengan nada sindiran Aldi mengatakan, jangan sampai sebagai warga Fakultas Syariah kemudian tidak kenal dengan Dekannya sendiri, terlebih lagi dengan lembaga yang ada di Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta.

Acara berlangsung dengan penjelasan secara rinci mengenai PBAK Fakultas Syariah oleh panitia PBAK Fakultas Syariah yang bertugas dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa baru yang dipandu oleh moderator. Terakhir acara ditutup dengan foto bersama dan diakhiri oleh MC. (Anis Larasati/Ed.afz/SINPUH)

Bagikan

Berita Terkait