Pengenalan Budaya Akademik Dan Kemahasiswaan: Selamat Datang 822 Mahasiswa Baru Fakultas Syariah

FASYA-Ormawa Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan PBAK Fakultas Syariah pada Kamis, (25/08/2022) di Gedung Graha UIN Raden Mas Said Surakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Ormawa dan LSO Fakultas Syariah yang diadakan untuk membuka dan menambah wawasan bagi mahasiswa Fakultas Syariah. Salah satu tujuan kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan budaya akademik kampus dan fakultas khususnya Fakultas Syariah.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB yang dipandu oleh Hafizt Ayatollah dan Zahrotul Mu’rifah selaku MC. Ketua Pelaksana PBAK Fakultas Syariah, Auliya Ahmad mengatakan garis besarnya PBAK Fakultas Syariah ini terdiri dari dua muatan, yakni materi kefakultatifan dan keprodian. Pada materi kefakultatifan ini diharapkan mahasiswa baru dapat mengenal fakultasnya sendiri mulai dari sejarah, visi dan misi, lembaga yang ada di Fakultas Syariah, serta struktur organisasi di dalamnya.

Materi kefakultatifan disampaikan langsung oleh Dr. Ismail Yahya, S.Ag., M.A. selaku Dekan Fakultas Syariah. Materi kedua disampaikan oleh Muhammad Latif Fauzi, S.H.I., M.Si., MA., Ph.D selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Syariah. Materi ketiga disampaikan oleh Dr. Sidik, M.Ag. selaku Wakil Dekan 2 Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Fakultas Syariah. Dan materi terakhir pada sesi 1 ini disampaikan oleh Dr. Aris Widodo, S.Ag., M.A. selaku Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Fakultas Syariah.

Setelah sesi pertama selesai peserta PBAK Fakultas Syariah dikelompokkan berdasarkan prodinya masing-masing. Mereka diarahkan untuk menuju ke ruangan yang telah disiapkan oleh panitia untuk menerima materi sesi kedua, yaitu materi keprodian. Pada materi ini mahasiswa HES (Hukum Ekonomi Syariah) tetap berada di Gedung Graha, mahasiswa HKI (Hukum Keluarga Islam) dipindahkan ke Ruang Rapat lt. 1 Fakultas Syariah, sedangkan mahasiswa HPI (Hukum Pidana Islam) dan Mazawa (Manajemen Zakat dan Wakaf) dipindahkan ke ruangan di Laboratorium Kampus.

Materi prodi HES disampaikan oleh Muhammad Juliyanto, S.Ag., M.Ag. selaku Ketua Program Studi HES, dengan dipandu oleh saudara Tio Adi Saputro selaku ketua HMPS HES. Materi prodi HKI disampaikan oleh Diana Zuhroh, S.Ag. M.Ag. selaku Ketua Program Studi HKI, dengan dipandu oleh saudari Alding Fatimah selaku ketua HMPS HKI. Materi prodi HPI disampaikan oleh Jaka Susila, S.H., M.H. selaku Ketua Program Studi HPI, dengan dipandu oleh saudara Zaqi Khasan selaku ketua HMPS HPI. Materi prodi Mazawa disampaikan oleh Mansur Efendi, S.H.I., M.Si. selaku Ketua Program Studi Mazawa, dengan dipandu oleh saudara M. Naufal Ainul Arzaq selaku ketua HMPS Mazawa.

Setelah materi keprodian disampaikan, peserta PBAK-F diarahkan untuk kembali ke Gedung Graha untuk melaksanakan kegiatan penutupan yang dipimpin oleh MC. (Anis Larasati/Ed.afz/SINPUH)

Bagikan

Berita Terkait