Perdana, HMPS HKI Luncurkan Buletin “Mawaddah”

FASYA- Senin (01/02/2021), Dalam dunia organisasi, masa akhir jabatan selalu dibumbui kejutan. Program-progam terus digarap dengan sregep dan gercep.

Laporan-laporan disusun untuk dipertanggungjawabkan. Cinderamata dirancang guna dikenang. Demikian rangkaian tersebut mutakhir ini ditekuni beberapa organisasi mahasiswa IAIN Surakarta.

Ialah Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Keluarga Islam (HKI), tertanggal 27 Januari 2021 meluncurkan buletin berjudul “mawaddah” edisi Januari 2021.

Buletin diluncurkan untuk menjadi bacaan. Rancangan awal, buletin terbit setiap empat bulan. Kondisi masih rumit, tak mendukung buletin terbit.

Sasaran buletin difokuskan bagi mahasiswa Fakultas Syariah, wabil khusus mahasiswa HKI. Buletin berisi beberapa esai dari dosen dan mahasiswa dan sebuah puisi.

Esai-esai ditulis dengan membahas lingkup keluarga. Beberapa mengaitkannya dengan peradaban dan khazanah Islam terdahulu. Ada pula yang menuangkan ide dan gagasan tersendiri disertai referensi akurat.

Kegiatan kampus dalam jaringan, menyebabkan pengurus HMPS HKI membagikan buletin secara daring pula dalam versi dokumen (baca: pdf) di berbagai grup whatsapp kelas.

Selain efisien, hal demikian memudahkan untuk bisa diakses kapan dan di mana pun. Sedangkan beberapa buletin dicetak untuk dibagikan kepada beberapa dosen.

Kata “mawaddah” dipilih sebagai nama buletin, lantaran mahasiswa HKI selalu dikaitkan dengan dengan jargon klise sakinah-mawaddah-rahmah.

Setelah melewati beberapa pertimbangan, kata “mawaddah”-lah yang cocok dipilih. Alasannya bermacam-macam, di antaranya; sudah banyak majalah yang menggunakan nama “sakinah”. Sedangkan, kata “rahmah” dihindari, musabab kurang sedikit greget.

Sampul dan di berbagai tata letak buletin “mawaddah” dibalut warna pink, sebab merepresentasikan cinta dan harapan.

Dengan diluncurkannya buletin “mawaddah” edisi Januari 2021, semoga menjadi pembuka gerbang keilmuan mahasiswa Fakultas Syariah khususnya HKI.

Pengurus HMPS HKI periode kali ini, mempunyai harapan agar buletin terus berlanjut diperiodiasi oleh kepengurusan selanjutnya.

Raudlatul Jannah selaku ketua HMPS HKI diakhir kepengurusan mengucapkan, “terima kasih setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah menyokong buletin ini terbit. Semoga kita semua diberikan anugerah oleh Allah SWT. Selamat bertemu di lain kesempatan, pertemuan kita adalah doa dan harapan,” pungkasnya.

(Muhammad Baha Uddin/ Ed. khairunnisa)

Download Buletin Mawaddah di sini.

Bagikan

Berita Terkait