Puncak Pekan Prestasi Mahasiswa Fakultas Syariah: Pemilihan Putra Putri Syariah

FASYA-Pada hari Senin (23/05/2022) Dewan Eksekutif Mahasiswa telah membuka acara Pekan Syariah yang diadakan setiap tahun oleh fakultas Syariah. Kini hari Selasa, (21/06/2022) menjadi puncak Acara Pekan Syariah dan Grand Final Putra Putri Syariah sekaligus penutupan acara Pekan Syariah. Acara ini dimulai pukul 10.08 WIB bertempat di Aula Rektorat dengan jumlah kursi peserta 104. Acara ini dihadiri oleh banyak mahasiswa umum, delegasi ormawa, Wakil Dekan III Fakultas Syariah, Dekan Fakultas Syariah, serta dosen-dosen fakultas syariah. Dalam acara ini Dekan Fakultas Syariah juga memberitahukan pada tahun ini akan mengadakan PBAK tingkat Fakultas selain itu, acara ini juga menjadi tempat parade bagi 16 besar finalis putra-putri syariah yang nantinya menjadi Ikon Fakultas Syariah serta pengumuman mahasiswa yang memenangkan lomba-lomba Pekan Syariah dan mahasiswa yang berprestasi.

Puncak pekan syariah dipandu oleh host yang kece dan tampan yakni Fayza Mahardika Bayu Segara mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam dan Sadam Agusti Dwi Ardiyan mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah, grand final putra putri syariah penjuriannya dari para dosen fakultas syariah yakni Putu Widhi Iswari, SE., M.S.M., Ahmadi Fathurrohman Dardiri, M.Hum., dan Arkin Haris, S.Pd., M.Hum. Rangkaian acara grand finalis 16 besar putra putri syariah dimulai dari setiap finalis harus bisa memperkenalkan diri dengan berjalan anggun dan murah senyum kemudian memaparkan isu-isu ke-fakultas-an fakultas syariah, menjelaskan video bertema yang dibuat sendiri oleh masing-masing finalis putra putri syariah, menunjukkan bakat diri, serta mampu menjawab Q&A dari para juri. Putu Widhi Iswari, S.E., M.S.M., dan Arkin Haris, S.Pd., M.Hum menjelaskan indikator penilaian video bertema yakni: konten/isu/fenomena yang dibahas, sinematografi, bahasa yang digunakan, cara finalis menarasikan, dan kualitas video yang dibuat. Selain dari penilaian juri putra putri syariah juga dipilih melalui like Instagram dan juga voting dari para delegasi dan mahasiswa umum (bukan panitia putra putri syariah).

Sebelum pengumuman 6 besar finalis putra putri syariah acara ini diistirahatkan dengan hiburan suara dari nyanyian salah satu mahasiswa, dilanjut pukul 14.36 juri mengumumkan 6 besar finalis putra putri syariah dengan 3 putra syariah; Firoos Rayyan Gunawan (Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah), Riyan Afiafara (Mahasiswa Hukum Pidana Islam), Hafitz Ayatullah (Mahasiswa Ekonomi Syariah) dan 3 putri syariah; Zahrotul Muarifah (Mahasiswi Hukum Ekonomi Syariah), Hanifah Febriyanti (Hukum Keluarga Islam), Cantik Nur Faizah (Hukum Ekonomi Syariah). Setelah pembacaan ini acara diistirahatkan dengan hiburan tarian.

Menginjak waktu sore pada pukul 15.17 WIB, 6 besar putra putri syariah dihadapkan dengan Q&A dari para juri mengenai jurusan-jurusan yang ada di fakultas syariah, pengaplikasian ilmu dari setiap jurusan di lingkungan masyarakat setelah diadakan Q&A para juri berdiskusi mengenai nilai, host melanjutkan acara dengan penyerahan piala dan piagam bagi para mahasiswa dan mahasiswa yang menang dalam lomba-lomba pekan Syariah. Tibalah pukul 16.49 WIB host mengumumkan pemenang putra putri syariah dengan beberapa kategori sebagai berikut;

1. Firoos Rayyan Gunawan (Juara Kategori Putra Berbakat 2022)
2. Riyan Afiafara (Juara Umum Putra Syariah 2022)
3. Hafitz Ayatollah (Juara Kategori Putra Terfavorit 2022)
4. Zahrotul Muarifah (Juara Kategori Putri Terfavorit 2022) & (Juara Kategori Putri Berbakat 2022)
5. Hanifah Febriyanti (Juara Umum Putri Syariah 2022).

Dari beberapa finalis, ada ungkapan-ungkapan yang sangat melekat seperti perkataan dari finalis putra syariah nomor peserta 4 Muhammad Zaedan Azlaani “Carilah teman agar mengerti sebuah kehidupan” dan ungkapan dari Riyan Afiafara (Juara Umum Putra Syariah 2022) “orang pintar itu banyak, namun orang yang meluangkan waktu untuk orang lain itu jarang”.

Sesi foto, penyerahan piala dan piagam bagi para pemenang lomba atau mahasiswa berprestasi serta penyerahan kenang-kenangan untuk para juri diiringi dengan pesan para juri. “Apresiasi besar kepada panitia dan rekan-rekan yang membantu, dimanapun kita berada jadilah orang yang berguna yang membantu orang disekitar kita, kalau belum berkesempatan di panggung atau acara ini maka masih ada panggung atau acara-acara lain yang bisa diikuti dan memenangkannya”.

Tak lupa acara puncak pekan syariah ini disponsori oleh Warung Mayan 21, Photocopy Belitang, Berkah Abadi (pusat perlengkapan kebersihan dan peralatan rumah tangga, Ruang Sambat UIN Raden Mas Said, Perhutani, Dema UIN Raden Mas Said Surakarta. Dipenghujung penutupan acara masuklah Bank BRI mereka langsung mempromosikan dirinya kepada penonton yang ada diacara ini. Puncak pekan syariah dan grand final putra putri syariah ditutup oleh ketua panitia pekan syariah yakni Fajar Rohmat pukul 17.10 diiringi dengan atraksi-atraksi dari pesilat UKM Pencak Silat.

Berikut ini adalah nama-nama pemenang lomba pekan syariah tahun 2022:

Nama Pemenang Lomba Debat Hukum
Juara 1:
1. Sri Rahmawati Tulit
2. Lusyana Shalsabila
3. Arina Nur Azizah
Juara 2
1. Anggraeny Nur Azizah
2. Atika Suciati
3. Rahma Fitria Putri Maghrebi
Juara 3
1. Elda Windy Nur Rahmah
2. Reni Aprilia
3. Hafizt Ayatullah

Nama Pemenang News Anchor Competition
Juara 1: Firoos Rayyan Gunawan
Juara 2: Arifa Pramadia Putri
Juara 3: Abdul Rohim

Nama Pemenang lomba MHQ
Juara 1: Arif Fatkhurrozi
Juara 2: Yeni Afrilia Rahmawati
Juara 3: M. Nibros Hammam

Nama Pemenang Shariah Vlog Competition
Juara 1: Ahmad Difa’
Juara 2: Latifah Dwi C
Juara 3: Indiyati Zahra

Nama Pemenang lomba Essay LSO LIRIK
Juara 1: Shelvi Indrianti
Juara 2: Ega Tania Fortyneta
Juara 3: Wendi Apriawan

Nama Pemenang Lomba Business Plan LSO Sharia Preneur
Juara 1: Aldi Irfansyah
Juara 2: Niswatul Malikhah
Juara 3: Muhammad Haickal A

(Zidatun Na’mah/Ed.afz/SINPUH)

Bagikan

Berita Terkait