Studi Banding HMPS MAZAWA UIN Raden Mas Said Surakarta Ke HMPS MAZAWA IAIN KUDUS

FASYA-Sabtu, (15/06/2024) HMPS MAZAWA telah melaksanakan salah satu program kerja dari Divisi Advokasi, yaitu kegiatan Studi Banding ke Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf di institusi lain. Pada kegiatan ini HMPS Manajemen Zakat dan Wakaf UIN Raden Mas Said Surakarta berkesempatan untuk melakukan studi banding ke HMPS Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Kudus, dengan tema Kolaborasi Interpersonal (KOIN). Studi banding ini diikuti oleh 13 anggota dari HMPS Mazawa UIN Raden Mas Said Surakarta dan hampir seluruh anggota HMPS Mazawa IAIN Kudus. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30-15.15 WIB bertempat di Gedung CIEBS, Fakultas Ekonomi dan Bismis Islam IAIN Kudus.

Kegiatan studi banding ini terbagi menjadi dua sesi, pada sesi yang pertama diisi dengan sesi Pelatihan Lobbying oleh bapak Ahmad Riza, S.E. Pada sesi pelatihan lobbying ini, disampaikan terkait definisi, manfaat, teknik, strategi pendekatan, dan jenis-jenis lobbying. Selain itu, juga dijelaskan terkait pendekatan salam lobbying dan pentingnya kemampuan lobbying untuk pengembangan organisasi. Pemateri juga memberikan informasi terkait penyebab terbentuknya citra buruk tentang lobby yang menjadi pandnagan masyarakat luas, beberapa diantaranya yaitu karena lobby yang lemah, lobbying yang tidak relevan dengan mencatut nama orang untuk berbohong, lobby yang mendorong orang untuk mengambil keputusan berdasarkan keputusan emosional belaka, janji kekuasaan dan pinjam/mencatut orang kuat dan mendapatkan suap disertai dengan hal yang tidak pantas, terdapat anggapan bahwa fungsi lobby hanya untuk mewujudkan kepentingan pribadi saja dan bukan untuk kepentingan masyarakat umum. Setelah pemateri selesai menjelaskan terkait Lobbying, sesi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta pelatihan.

Kegiatan studi banding dilanjutkan dengan sesi Pengembangan Organisasi. Pada sesi ini diawali dengan sambutan dari ketua umum HMPS Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Kudus, Ainun Najib. Dilanjutkan sambutan dari ketua umum HMPS Manajemen Zakat dan Wakaf UIN Raden Mas Said Surakarta, Baskoro Wisnu Murti. Setelahnya, acara berlanjut dengan pemaparan program kerja setiap divisi dari kedua HMPS. Dimulai dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) oleh HMPS Mazawa IAIN Kudus bergantian dengan Divisi Sumber Daya Mahasiswa (SDM) HMPS Mazawa UIN Raden Mas Said. Selanjutnya pemaparan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) HMPS Mazawa IAIN Kudus bergantian dengan Divisi Keilmuan HMPS Mazawa UIN Raden Mas Said. Pemaparan selanjutnya dari Departemen Minat Bakat HMPS Mazawa IAIN Kudus bergantian dengan Divisi Advokasi HMPS Mazawa UIN Raden Mas Said. Dan yang terakhir dari Departemen Informasi dan Komunikasi (infokom) HMPS Mazawa IAIN Kudus bergantian dengan Divisi Komunikasi dan Informasi (kominfo) HMPS Mazawa UIN Raden Mas Said. Pada sesi pengembangan organisasi ini, selain memaparkan program kerja dari masing-masing divisi dari kedua HMPS juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab terkait program kerja yang telah disusun pleh masing-masing HMPS.

Setelah sesi pengembangan organisasi, kegiatan studi banding ditutup dengan dokumentasi kegitatan untuk di publikasikan pada sosial media masing-masing organisasi HMPS. Kegiatan terselenggara dengan lancar dan memberikan banyak manfaat untuk kedua HMPS, karena dengan adanya kegiatan studi banding ini memberikan banyak ide baru dan pengetahuan yang lebih luas terkait program kerja yang dapat diterapkan oleh HMPS Mazawa UIN Raden Mas Said Surakarta maupun HMPS Mazawa IAIN Kudus, dan mengharapkan agar hubungan di antara kedua HMPS ini dapat terjaga dengan baik.

(Divisi Keilmuan, HMPS MAZAWA)

Bagikan

Berita Terbaru

Berita Terkait

FasyaTV