Gelar Workshop Legal Drafting, SEMA-F Syariah Angkat Tema Perencanaan Perundang-Undangan yang Responsif dan Komprehensif

FASYA-Senat Mahasiswa Fakultas Syariah (SEMA-F Syariah) Periode 2022 sukses gelar Workshop Legal Drafting. Kegiatan yang digelar pada Selasa, (22/03/2022) tersebut dihadiri oleh 60 Mahasiswa Fakultas Syariah dari berbagai Program Studi dan tingkatan semester.

Menghadirkan 2 Narasumber yang kompeten dalam bidangnya, kegiatan diikuti oleh mahasiswa dengan antusiasme yang tinggi. Pada kesempatan kali ini, SEMA-F Syariah mendatangkan H. M Hendry Wicaksono (Komisi C DPRD Jateng) dan Dr. Sumarwoto, S.H.I., M.H. (Dosen Universitas Surakarta).

Syafa’atun selaku ketua SEMA-F syariah dalam sambutannya menyampaikan maksud dari diselenggarakannya kegiatan tersebut, “Workhsop legal drafting ini merupakan proker tahunan dari SEMA-F Syariah, sekaligus program kerja pembuka. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, semoga para peserta terutama teman-teman yang menjabat sebagai pengurus Ormawa Fakultas, dapat memahami dasar-dasar mengenai legal drafting sehingga bisa membentuk peraturan yang baik dikemudian hari”.

“Silakan digali habis ilmu yang akan disampaikan oleh narasumber yang sudah disiapkan oleh panitia. Meskipun namanya sumber itu nggak habis-habis, tapi silakan berusaha untuk bisa menangkap ilmu yang disampaikan,” tutur Wakil Dekan 3 Dr. Aris Widodo, M.A. saat sambutan.

Dipandu oleh Jihan Afif Abiyal, materi legal Drafting pertama dimulai pukul 10.00 WIB dan dapat berjalan dengan lancar, serta mendapat feedback yang baik dari peserta yang dibuktikan dengan antusiasme beberapa peserta untuk bertanya seputar materi yang sudah disampaikan. Materi pertama membahas terkait Konsep Legal Drafting dalam Politik Hukum.

Sama halnya dengan sesi pertama, disesi kedua yang membahas mengenai mekanisme pembuatan undang-undang juga mendapat respon positif dari peserta. Rofi’atul Ummah selaku moderator dapat membawa alur diskusi dengan baik.

Kegiatan berakhir setelah seluruh pertanyaan peserta dijawab oleh pemateri. Foto bersama menjadi pemanis dari kegiatan workshop legal Drafting. Tak lupa, SEMA-F Syariah juga membagikan doorprize bagi para peserta yang sudah ikut aktif selama kegaitan berlangsung. (Syafa/Ed.afz/SINPUH)

Bagikan

Berita Terkait