Pendidikan Profesi Advokat: Advokat Syariah Ditunggu Kiprahnya

FASYA-Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta bersama dewan Pengurus Cabang Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia Surakarta mengadakan Pendidikan Profesi Advokat (PPA) yang berlangsung mulai Jumat-Ahad (18-27/3/2022).

Acara pembukaan berlangsung secara luring dan daring yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta Dr. Ismail Yahya S.Ag., MA., Dr Aris Widodo, S.Ag., MA. selaku wakil dekan III yang membidangi kemahasiswaan, alumni dan kerjasama, Abdullah Tri Wahyudi, S.Ag., SH.,MH., CM. Ketua DPC Surakarta Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia dan Nur Sholikin, SH.,MH. Sebagai Ketua Panitia acara.

 

Laporan Panitia disampaikan Nur Solikin, SH., MH bahwa peserta berjumlah 10 orang yang dari alumni Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta sebanyak 7 orang dan 3 orang berasal dari Fakultas Hukum Universitas Islam Batik Surakarta.

Sementara Abdullah Tri Wahyudi selaku ketua DPC APSI Surakarta dalam sambutannya menyatakan bahwa pelaksanaan ini merupakan berkat kerjasama antara Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta dan DPC APSI Surakarta yang diharapkan akan menghasilkan advokat yang mempunyai kualifikasi dan bisa berperan dalam hukum, menjadi catur Wangsa penegakan hukum di Indonesia. Advokat sebagai nobil officium, profesi yang mulia.

Dekan Fakultas Syariah Dr. Ismail Yahya S.Ag., MA. berharap bahwa dengan adanya pendidikan profesi advokat semakin banyak alumni Syariah yang bisa berkiprah dalam dunia keadvokatan dimana peluang dan partisipasi alumni syariah dalam profesi-profesi hukum semakin berkembang termasuk di dalamnya profesi notaris dan advokat. Fakultas Syariah sudah bekerja sama dengan APSI menyelenggarakan tiga kali pendidikan profesi advokat yang pertama tahun 2018 dan kemudian tahun 2019, dan tahun 2022 ini. Semoga akan menjadi wadah dan tempat untuk membina advokat Syariah yang lahir dari rahim Fakultas Syariah.

Sementara sambutan dari DPP asosiasi pengacara Syariah Indonesia Moh Arifin S.Ag., MH. menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pendidikan profesi advokat yang sudah tiga kali diselenggarakan di Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta.

“Kerjasama ini diharapkan dapat melahirkan advokat Syariah yang berkompeten dalam bidang hukum khususnya di Jawa Tengah bagian Selatan dimana sumber daya advokat Syariah masih jarang berpraktek di lingkungan Jawa Tengah bagian Selatan, maka kelak bila telah selesai melakukan pendidikan kemudian magang yang dan sumpah profesi advokat peserta pelatihan ini akan memperkuat keberadaan advokat Syariah,” demikian pungkasnya. Moh Arifin kemudian secara resmi membuka Pendidikan Profesi Advokat (PPA) tahun 2022.

Acara pembukaan ditutup dengan dilakukannya penandatanganan MOA DPC APSI Surakarta dan Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta. (Muhammad Julijanto/Ed.afz/SINPUH).

Bagikan

Berita Terkait